Senin, 19 Desember 2011

Madre - tawa seorang peri, peri kami, periku :)


Judul : Madre
Penulis : Dewi “dee” Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka
Tanggal terbit : Juli 2011
Jumlah halaman : 176
Kategori : Sastra

Terdiri dari 13 prosa dan karya fiksi, Madre adalah karya hebat lain yang dihasilkan oleh dee, seorang pemusik dan penulis yang handal dalam memainkan diksi dalam tiap baris kalimat yang ia susun. Kekhasannya dalam mengulik hal-hal yang banyak orang belum ketahui membuat jalan cerita dari tiap kisahnya tidak membosankan dan penasaran. Salah satu kelebihan dee adalah dia tidak hanya menuliskan apa yang dia tahu, tapi mencari tahu apa yang dia tidak tahu dan dibuat menjadi sebuah karya baru. Salah satu kisah terbaiknya di buku ini yaitu, Madre. Madre berasal dari bahasa Spanyol yang berarti Ibu. Ini dia sinopsisnya.
“Apa rasanya sejarah hidup kita berubah dalam sehari? Darah saya mendadak seperempat Tionghoa, nenek saya ternyata tukang roti, dan dia, bersama kakek yang tidak saya kenal, mewariskan anggota baru yang tidak pernah saya tahu : Madre”

Satu lagi kisah favorit saya di buku ini adalah Menunggu Layang-Layang.
Baru selangkah kakinya melewati pintu keluar, Starla tahu-tahu berbalik. “Kamu pernah ngomong soal layang-layang. Aku nggak pernah ngerti maksud kamu, tapi nggak tahu kenapa, itu jadi membuatku berpikir,” ia menatapku dengan tatapan yang tak pernah kulihat sebelumnya. Lembut seperti boneka panda. Tatapan orang mabuk kepayang. “Aku ingin jadi layang-layang,” katanya mantap.
Aku tercekat.
“Layang-layang itu bebas di langit. Tapi tetep ada benang yang mengikatnya di bumi. Jangan lepasin aku, Che.” Starla menghambur, mendekapku yang berdiri kaku. Lalu ia tersenyum dan berjalan pergi. Mata itu berbinar.
Dan aku tetap di tempatku. Ucapan Starla seperti palu yang jatuh dari langit dab mendarat tepat di ubun-ubun. Telak. Mematikan.

Dee selalu berhasil membuat saya terhipnotis dalam ramuan kata-katanya. Tidak salah bahwa buku dee adalah salah satu buku yang selalu saya tunggu kehadirannya. Buku ini cocok bagi penyuka sastra dan bagi pembaca yang mengharapkan sudut pandang berbeda dari sebuah fiksi. So don’t miss it !
Thank you for reading
Keep positive ! :D
Ariesty Rafika
19122011

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. iyadoong aku kalo cari buku ya yang bagus haha. oh jadi ga ikhlas komennya? -_-

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ih engga sih aku lo ngga maksa kamu :p

    BalasHapus