Minggu, 18 Desember 2011

Menghadapi orang dengan memperhatikan kepribadian

Yak, sebenarnya saya juga mau mosting ciri-ciri kepribadian koleris, melankolis, plegmatis, dan sanguinis. Namun karena udah diduluin sama mbak beejita. Wkwk buka aja dulu ini postingannya mbak cantik ini http://beejita.blogspot.com/2011/12/pengenalan-diri.html#comment-form baru lanjut ke postinganku. Karena saya mau bahas tentang saran dalam tiap karakter dan cara kita menghadapi masing-masing karakter yang berlawanan dengan kita.
Koleris

Jika anda seorang koleris :
-          Anda cenderung untuk berpikiran keras dan percaya diri
-          Anda mudah bosan dengan terlalu banyak hal yang bersifat detail
-          Anda menyukai ide baru dan inovatif
Jadi jika Anda berhubungan dengan seorang :
Koleris : jangan terlalu keras atau menuntut. Rileks sajalah. Berikan kesempatan pada orang koleris lainnya untuk memegang kendali/ kontrol
Sanguin : tunjukkan rasa persahabatan dan keramahan yang ekstra. Biarkan mereka bercerita mengenai diri mereka, pengalaman mereka, dll. Berlakulah lebih santai dan rileks.
Phlegmatis :  slowdown, sedikit lebih santai dan jangan membuat mereka takut. Gaya anda yang keras dan agresif akan menakutkan mereka. Berlakulah ramah. Berikan mereka kesempatan untuk mengolah fakta yang anda berikan. Jangan terlalu menekankan hal yang “baru” karena mereka lebih menyujai hal yang rutin dan teruji berhasil.
Melankolis :  jawab semua pertanyaan mereka. Berikan angka, data, perbandingan gambar, grafik, dll. Mereka suka dengan bukti. Berlakulah agak santai. Jangan mendesak. Berikan mereka waktu untuk berfikir. Jawab penolakan mereka dan jangan berpura-pura (berlaku tidak jujur)

Melankolis

Jika anda seorang melankolis :
-          Anda rapi dan efisien, lebih suka hal yang terencana daripada yang spontan
-          Anda berpegang teguhpada ide atau produk yang telah terbukti berhasil.
-          Anda berorientasi pada fakta, data, dan angka, serta lebih menggunakan alasan daripada emosi.
Jadi jika anda berhubungan dengan seorang
Koleris : Segera ceritakan pokok masalahnya (to the point). Jangan membuat mereka bosan dengan angka dan fakta-fakta. Berikan ide pokoknya. Tunjukkan keyakinan atas apa yang sedang Anda kerjakan. Tunjukkan hasil, tujuan, dan prestasi.
Sanguin : Berikan mereka lebih banyak kesempatan untuk berbicara. Tertawalah bila cerita mereka itu lucu. Tunjukkan antusisme. Jangan membuat mereka bosan dengan angka dan fakta-fakta. Bila memungkinkan, beri mereka pengalaman dan kesenangan dengan mencoba produk atau ide yang Anda tawarkan kepada mereka agar mereka mencobanya sendiri.
Phlegmatis : tunjukkan keramahan dan sikap bersahabat, jangan terlalu business like. Berikan mereka “ruang dan waktu” untuk menerima presentasi anda. Berceritalah tentang keluarga. Jangan mendesak, bersikaplah sedikit rileks.
Melankolis : Anda cocok bertemu dengan orang ini. presentasi anda yang menyeluruh dan terperinci akan sangat dihargai. Anda melihat dengan cara yang sama dan ini akan menjadi presentasi terbaik anda.

Sanguin

Jika anda seorang sanguin :
-          Anda sangat mudah bergaul dan people oriented
-          Anda kurang memperhatikan detail dan mudah bosan dengan hal-hal yang mendetail
-          Anda suka bersenang-senang dan banyak bicara.
Jadi, jika anda berhubungan dengan seorang :
Koleris : jangan bergurau dan buanglah basa-basi Anda. Segera ke pokok permasalahan. Berlakulah seperti pebisnis. Tekankan hasil yang bisa dicapai dan jangan bertele-tele.
Sanguin : ingatlah bahwa Anda ke sana bukan untuk bertamu. Berhati-hatilah agar tidak terjebak dengan pembicaraan yang panjang.
Phlegmatis : berbicaralah dengan topik orang atau berceritalah sambil memasukkan fakta dan data. Berhati-hati untuk tidak terlalu memaksa agar cepat akrab dalam waktu yang singkat.
Melankolis : buang basa-basi sebagai pembuka pembicaraan. Tidak usah cerita macam-macam. Jangan menyia-nyiakan waktu mereka. Berikan data dan angka. Jawab pertanyaan mereka dan jangan berlaku bodoh. Ini akan menjadi hal yang menantang bagi anda. Konsentrasilah !

Phlegmatis

Jika anda seorang phlegmatis :
-          Anda sangat bisa diandalkan tetapi membutuhkan lebih banyak rasa percaya diri.
-          Jika ditempatkan di posisi baru, anda akan sangat mudah down.
-          Anda terlalu mudah menerima kata “Tidak”, anda perlu sedikit memaksa.
Jadi, jika Anda berhubungan dengan orang
Koleris : usahakan untuk lebih percaya diri. Sedikit lebih assertive (mendesak/tegas). Sadarlah bahwa mereka mungkin akan menentang anda. Jangan takut dengan orang koleris yang memiliki keinginan yang kuat.
Sanguin : jangan kehilangan kendali dengan membiarkan mereka bercerita ngalor ngidul. Tetap fokus pada tujuan pertemuan. Anda berdua adalah people oriented, jadi pasti dapat bergaul dengan mudah. Hati-hati dengan sikap mereka yang terlalu bersahabat.
Phlegmatis : mereka sama seperti anda, butuh penegasan ulang. Berikan sedikit lebih percaya diri daripada biasanya. Jangan lupa berlaku berani dan close the deal.
Melankolis : Jawab pertanyaan mereka, yakinlah pada rencana Anda. Ingat, orang melankolis akan menentang anda dengan sikap mereka yang skeptis dan pesimis. Ini normal saja. Sampaikan data angka dengan tegas. Cara pendekatan anda yang lebih lambat akan sangat menguntungkan Anda.

source : born to be a genius

Oke sekian postingan panjang saya, semoga bermanfaat :D
Thanks for reading :D
Keep positive !
Ariesty Rafika
18122011

8 komentar:

  1. Melankolis itu aku....wkunjungi blog ku juga ya aie,,,

    BalasHapus
  2. Kalau boleh tau TS nya masuk kategori yang mana :3

    BalasHapus
  3. aku masih belum tahu yang mana.
    sedikit saran, lebih dirapikan seperti spacingnya dan paragrafnya

    BalasHapus
  4. @haris : hooo berarti kudu sabar yah ngadepin aku wkwk.
    @haidar : TS apaan yah kk? -_-
    @raja : coba kamu liat di link blog temenku ja. hehe. iya jaa maaf, ini kejar postingan bgt. komen postku yg lain juga ya jaa. makasih :D

    BalasHapus
  5. Lho, maaf ya, tak dahuluin. hhe
    Nice post nih. Ditambahin tipsnya.
    :D
    Smangat ya, cantik. ;)

    BalasHapus
  6. hehe iya makasih cantik :D
    ini lagi buntu mau post apa lagi -_-

    BalasHapus
  7. bantu haider: TS maksudnya Thread Starter a.k.a. yang nulis ini... jadi maksudnya kamu...

    BalasHapus
  8. engh bagus ya pake istilah yg aku ngga tau. hahaha -_- makasih tas infonya hehe

    BalasHapus