Minggu, 18 Desember 2011

Beda Sleep dan Hibernate

seringkali kita bingung ya bedanya sleep sama hibernate apa sih? well, mungkin bukan kita deh. tapi aku. -_-
jadi ternyata gini nih bedanya sleep sama hibernate.

Sleep secara umum dikenal dengan istilah Standby pada sistem Windows atau S3 pada ACPI(Advanced Configuration and Power Interface) yang merupakan open Industry Specification yang dikembangkan oleh Hewlett-PackardIntelMicrosoftPhoenix, and Toshiba.
Pada mode Sleep, power suplai untuk non-essential dan non-critical component ditahan dan seluruh system operasi dalam kondisi shutdown dan berhenti. Seluruh data di physical memory (RAM Modul) disimpan di internal memory dan seluruh sistem berada pada kondisi stand-by, yang dapat dibuka setiap saat. Pada kondisi ini, beban daya berkurang sangat banyak, dan cukup menghemat energi. Akan tetapi power harus selalu tersedia dalam mensuplai daya computer. Ketika suplai daya terputus, misalnya batere laptop dilepas, computer akan start seperti booting biasa (kondisi power off).
Hibernate atau S4 pada ACPI , pada saat itu akan menyimpan data dari physical memory ke hard disk drive (HDD) dan kemudian power mematikan computer. Pada kondisi ini, sebuah file bernama hiberfil.sys yang besarnya sama dengan besar file padasystem memory yang dibuat pada lokal hard disk. Ketika kita ingin membuka computer kembali, computer akan booting dan mengambil data pada kondisi terakhir. Keuntungan menggunakan kondisi ini adalah tidak ada power yang terbuang. Pada sistem hibernasi, tidak ada daya listrik yang diambil pada sistem. Selain itu, restore dari hibernate secara umum lebih cepat dari padacomputer reboot . Kekurangannya adalah setelah beberapa waktu, kemungkinan bisa terjadi fragmentasi file,untuk itu kita perlu sering melakukan defrag ulang komputer kita.

jadi sederhananya gini deh, kalo kita ninggal laptop bentar sih mending di sleep aja biar cepet nyalain laginya soalnya kan kalau hibernate kondisinya kaya kondisi turn off. hha ya gitu sih aku nangkepnya kalau ada yang bisa nambahin ya silahkan :D

thanks for reading :D
keep positive 
ariesty rafika
18122011

3 komentar:

  1. kalau laptop ditutup langsung waktu proses itu masuk mana aik ? Sleep atau Hibernate ?

    BalasHapus
  2. emm kalo nggak salah nih ashr, masuk ke sleep, soalnya dia balik ke on.nya nggak selama kalo kita ngehibernate. nangkep maksud aku kan? hehe

    BalasHapus
  3. emm kalo laptop di hibernate terus nggak pernah di shutdown rusak nggak ya ?

    BalasHapus